Sunday, June 25, 2017

, , ,

Bos Perusahaan yang tersingkir


Resmi, Travis Kalanick Mengundurkan Diri Sebagai CEO Uber

Bos.. kata ini memang menjadi dambaan setiap orang. Bagaimana tidak, menjadi bos, apalagi bos sebuah perusahaan terkenal akan membuat kita bergelimang harta dan mempunyai banyak fasilitas.
Travis Kalanick adalah seorang CEO pada perusahaan teknologi UBER yang dirintisnya sendiri. Namun saat ini Travis mengundurkan diri dai jabatan CEO UBER karena didesak jajaran direksi.
Travis Kalanick bukan satu-satunya CEO sekaligus pendiri perusahan yang mengundurkan diri karena tekanan investor. Selain Travis Kalanick, sejumlah pendiri perusahaan teknologi juga mengalami nasib didepak dari jabatannya sebagai CEO. Sejumlah pimpinan perusahaan teknologi dari Silicon Valley tercatat mengalami nasib serupa Kalanick.

1. Steve Jobs - Apple

Siapa tak kenal pria satu ini? Ia mendirikan Apple bersama Steve Wozniak dan melakukan sejumlah terobosan di bidang teknologi. Sikap visionernya melahirkan komputer bermerek Macintosh yang populer di pasar. Namun hal itu tak lantas membuat Jobs bebas dari masalah.

Pada 1985, Jobs bertikai dengan CEO Apple saat itu John Sculley. Aksinya yang berusaha menyingkirkan Sculley dari direksi ketahuan. Direksi Apple pun akhirnya mencopot Jobs dari jabatannya. Tak lama berselang, ia mundur dari Apple dan mendirikan perusahaan bernama NeXT Inc.

2. Jack Dorsey - Twitter

Sama seperti Steve Jobs, Jack Dorsey merupakan perintis perusahaan teknologi. Ia mendirikan Twitter pada 2006 dan menjadi CEO sejak tahun itu.

Dua tahun berselang, Dorsey kehilangan jabatan CEO Twitter. Ia dituduh tak disiplin dalam bekerja seperti meninggalkan pekerjaan lebih awal untuk melakukan yoga.
Pendiri TwitterPendiri Twitter Jack Dorsey (Foto: Drew Angerer/Getty Images/AFP)


3. Jerry Yang - Yahoo

Jerry Yang adalah salah satu pendiri Yahoo pada 1994 silam. Namun Yang baru menjadi CEO pada 2007.

Masa baktinya sebagai CEO Yahoo tak berlangsung lama, hanya tiga tahun saja. Ia ditengarai mundur karena tak sanggup membawa perusahaan ke performa terbaiknya. Kendati begitu ia masih duduk di jajaran direksi Yahoo hingga 2012.

Salah satu jasa paling besar Yang bagi Yahoo adalah memimpin perusahaan itu menginvestasikan dana ke raksasa internet asal China, Alibaba.
Salah satu pendiri Yahoo, Jerry YangSalah satu pendiri Yahoo, Jerry Yang. (Foto: REUTERS/Mike Blake)


4. Michael Dell - Dell

Michael Dell adalah salah satu fenomena dalam dunia teknologi. Ia berhasil merakit personal computer (PC) pertama dari kamar asramanya. Lantas ia mendirikan perusahaan bernama Dell Computer Coporation pada 1984.

Dell membawa perusahaannya berkembang pesat dan konsisten jadi salah satu produsen PC terbesar di dunia saat ini.

Peran CEO yang dipegang Dell sejak perusaahannya berdiri berakhir pada 2004 untuk memberikan kesempatan kepada koleganya.


Menilik kisah di atas, mereka yang terdepak sebagai CEO pada akhirnya kembali ke perusahaan yang mereka dirikan. Untuk kasus Kalanick, ia memang belum sepenuhnya mundur dari Uber karena ia masih dipercaya duduk sebagai direksi perusahaan.

0 comments:

Post a Comment

Top Ad 728x90